SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA & SEMOGA BERMANFAAT

Pengertian cloning harddisk



 CLONING HARDDISK
        PENGERTIAN
         Cloning Harddisk adalah penduplikasian atau penggandaan yang dilakukan pada suatu harddisk ke harddisk yang lain. Misalnya harddisk A sudah berisi Program lengkap, dan harddisk B masih kosong atau dengan kata lain belum terisi program sama sekali. Dengan melakukan cloning dari harddisk A ke harddisk B, maka harddisk B akan mendapatkan isi dan tampilan yang sama seperti isi dan tampilan pada harddisk A.
         Cara ini  dapat dilakukan dalam hitungan beberapa menit saja. Cara ini sering digunakan oleh pemilik PC yang punya lebih dari satu, misalnya warnet atau bahkan seorang teknisi komputer. Cara ini juga lebih efisien dan efektif ketimbang kita melakukan instalasi sistem operasi pada tiap-tiap harddisk, lalu mengistal program-programnya dengan cara satu persatu.hal ini tentunya akan banyak memerlukan waktu dan menguras tenaga.
        Namun,  hanya perlu sedikit kejelian mengingat prosesnya berurutan serta agak sedikit lama, Akan tetapi tidak selama waktu yang digunakan pada saat menginstall Sistem Operasi apalagi jika ditambah aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan didalamnya itu jelas bahwa cara ini akan lebih mempermudah dan menghemat waktu dan tidak menguras banyak tenaga.


 SOFTWARE CLONING HARDDISK
      Minitool Partition Wizard V9
         Sebagai pertisi magic yang berbeda, minitool partition wizard mungkin paket partisi magic dioptimalkan untuk lingkungan bisnis dengan opsi lanjutan seperti merge partion, conver disk dinamis untuk basic disk dan mengubah ukuran cluster. Pengguna bisnis dan direksi sistem akan menggunakan partisi manager sihir untuk ukuran partisi, pindah partisi, gabung partisi,  modifikasi ukuran cluster,  salin partisi, copy  disc, buat, apus,  dan partisi format,  mengkonfersi dan partisi eksplore,  hide dan unhide partisi,  mengkonfersi dinamis disk ke disk dasar dan jauh tambahan.
           Partisi paket magic kami mendukung windows 2000, xp, vista, windows7 dan 8. Dan minitool partition wizard edition trampil dan digunakan dalam lingkungan bisnis minitool partisi wizard server edition mungkn menjadi manager partisi server yang dirangcang khusus untuk windows server 2000/2003/2008/2012. Kami partisi edisi server dimaksudkan untuk direksi sistem dan pengguna tingkat lanjut untuk mengelola setiap server dan partisi disk non server. Minitool partion wizard server edition mengelola server windows dengan cepat dan aman. Setelah anda menggunakan ”move/resize partisi”  tampil, ditingkatkan pengetahuan teknologi pelindung terus pengetahuan anda aman bahkan dalam kasus pemadaman listrik atau kegagalan hardware.
             Fitur-fitur yang terdapat dalam minitool partition wizard:
·         Resize/ movepartisi  hanya mengubah ukuran atau memindahkan partisi sementara.
·         Membuat,  format,  delete partition.
·         Hide dan unhide partisi,  set partisi aktif,  label huruf drive.
·         Merge partisi.
·         Hot memperpanjang partisi sementara tidak resusitas.
·         Ukuran cluster memodifikasi sementar tidak kehilangan pengetahuan.
·         Dukungan unix Ext2,  Ext3.
·         Partisi salin : salin seluruh kerumah terisi dengan kinerja tinggi berkas step by step berkas, Teknologi bergerak.
·         Partisi recovery : scandisk untuk menghidupkan kembali partisi dihapus atau rusak.
·         Salin harddisk : menyalin disk lengkap untuk teknologi clone pengetahuan yang berbeda disk quickly dan hanya dengan pengetahuan disk cadangan sementara.
·         Dukungan RAID.
·         Mendukung disk tunggal atau partisi lebih besar dari 2 TB.
·         Partisi save as.
·         Set as partisi logis.
·         Membuat MBR.
·         Disk pembukaan lihatlah.
·         Permukaan partisi lihatlah.
·         Modifikasi partisi sebagai serial.



  KELEBIHAN dan KEKURANGAN CLONING HARDDISK

        Kelebihan Cloning Harddisk :
a.       Cepat, lebih praktis dan menghemat waktu karena dapat menginstal windows kebeberapa komputer hanya dengan hitungan menit saja.
b.      Lebih mudah dalam melakukan maintenance atau perawatan komputer yang terhubung dengan jaringan, dan lebih menghemat waktu.
c.       Tangguh dalam masalah jaringan karena jika satu komputer terkena virus  maka komputer cukup instal ulang windows dengan cloning.
         Kekurangan Cloning Harddisk
            Sebagaimana sebuah sistem selain mempunyai kelebihan tentu juga mempunyai kelemahan atau kekurangan.  Termasuk sistem cloning pada harddisk. Kelemahan tersebut diantaranya sebagai berikut:
a.       Jika dalam Proses cloning hard disk ada driver yang tidak sesuai maka ia harus di instal ulang
b.      Untuk melakukan proses cloning membutuhkan minimal dua harddisk yang sejenis.
Adapun secara umum,  kelemahan sistem cloning ialah sebagai berikut:
a.       Untuk menjalankan suatu proses cloning, diperlukan komputer yang memiliki spesifikasi yang sama. Mulai dari tipe, dan braind mainboard
b.      Sistem ini dapat memperpendek usia pemakaian